Awal  |  Tentang Kami  |  Warta  |  Renungan  |  Pelayanan Cabang  Jadwal Ibadah  |  Kontak Kami  |  Buku Tamu
176-TRIAL-Tuhan Memilih Proses, Bukan Hasil 119
Friday, March 7, 2014
Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. 286-TRIAL-Filipi 1:6 179

Menjadi seperti Kristus bukanlah perkara sesaat, melainkan membutuhkan waktu untuk proses yang lama bahkan seumur hidup. Allah bisa saja membuatnya dalam waktu sekejab, namun Tuhan tidak mau tergesa-gesa melainkan lebih memilih proses itu terjadi dalam kehidupan umat-Nya. Jika kita ingat tentang buah yang matang oleh karena karbitan (proses pematangan yang dipercepat dengan menggunakan karbit). Mungkin secara fisik nampak luarnya matang, tetapi akan sangat berbeda rasanya jika dibandingkan dengan buah yang matang oleh karena proses alami. Kekristenan kita tidak boleh hanya nampak luarnya saja rohani tetapi Allah menghendaki karakter Kristus yang memancar keluar, sehingga Allah menikmati kehidupan kita. Dengan demikian kita tahu bahwa untuk menjadi seperti Kristus itu merupakan proses dari sebuah pengembangan karakter, yaitu sejak kita menerima Yesus Kristus sampai kedatangan-Nya kembali. Sebagaimana dikatakan oleh Paulus dalam kitab Filipi 1:6  Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. Sejak kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan, maka Dia yang menjadi Penguasa tunggal dalam hidup kita dan sejak itu Ia memulai pekerjaan yang baik dalam hidup kita. Karena itu, jika kita tidak taat dan tidak tunduk pada segala perintah-Nya, maka proses pengembangan karakter kita menjadi tertunda. Sementara usia kita bertambah tua namun karakter kita belum dewasa. Hal ini banyak terjadi dan tidak dipahami oleh jemaat. Namun demikian Anda tidak perlu berkecil hati.

Dalam hal kerohanian Anda, Allah tidak pernah menyerah untuk melakukan yang terbaik bagi Anda dan Ia tetap setia untuk membimbing kita. Bagi Tuhan, tertunda bukan berarti tertolak, selama ada kemauan pastilah Tuhan buka jalan. Allah dengan sabar akan meneruskan proses pengembangan karakter kita seberapapun yang dapat kita capai. Allah tidak berorientasi pada hasil melainkan proses lebih utama. Karena itu, dibutuhkan kerjasama antara kita dengan Roh Kudus yang memampukan kita untuk berubah walau sedikit demi sedikit. Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan agar kita menjadi seperti Kristus. Hal ini diperlukan komitmen anda untuk terus mengerjakan dan mengupayakan pengembangan karakter ini.

Banyak hal yang  bisa dilakukan oleh Tuhan untuk menguji karakter kita. Amsal 17:3  Kui adalah untuk melebur perak dan perapian untuk melebur emas, tetapi TUHANlah yang menguji hati.  Tuhan  sangat tertarik dengan kualitas selain juga kuantitas. Sebagaimana perapian untuk memurnikan emas, demikian pula dengan karakter kita akan terus dimurnikan Tuhan baik dengan firman, dengan pencobaan, bahkan melalui orang-orang yang ada disekitar kita bisa dijadikan alat oleh Tuhan untuk memurnikan karakter kita. Dalam pribahasa dikatakan "Kehilangan harta itu biasa dan bisa dicari lagi, tetapi kehilangan karakter berarti kehilangan segalanya". Karakter sangat penting.

Oleh hamba-Nya,
Pdm. Sugiono, S.Th

Hamba-Nya :
63-TRIAL-Pdm. Sugiono, S.Th 115

 
© Copyright 2003-2004 All Right Reserved GBI Petamburan
This site is developed by M@gnet Informatika