Awal  |  Tentang Kami  |  Warta  |  Renungan  |  Pelayanan Cabang  Jadwal Ibadah  |  Kontak Kami  |  Buku Tamu
4-TRIAL-Menjadi Keluarga Allah 25
Friday, February 14, 2014
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah 109-TRIAL-Efesus 2:19 180

 

Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran. (1 Timotius 3:15)

 

Keluarga adalah unit terkecil dari susunan masyarakat, dengan demikian berarti masyarakat itu anggotanya himpunan keluarga-keluarga. Anggota-anggota keluarga Allah itu bukan orang asing yang tak kenal satu dengan yang lain dan bukan pula pendatang yang tidak dikenal, melainkan orang-orang sewarga yang dikenal sudah akrab, tali ikatan keluarga luar dan dalam, ikatan famili lahiriah dan bukan batiniah (Efesus 2:19a).

Kaidah-kaidah atau hukum budaya keluarga di dunia ini, baik seiman dan tidak seiman, umumnya mirip sama, terutama yang diatur oleh pemerintah dan budaya yang turun- menurun dengan rambu-rambu dan etika sebagai pagar-pagar pengaman agar keluarga lestari, sejahtera, rukun dan damai.

 Keluarga rohani kita, bahkan lebih penting dari pada keluarga jasmani kita, karena faktor akan hidup yang kekal selamanya sebagai mana janji Allah.

 

Manfaat jadi keluarga Allah:

  1. Karena kita adalah anak-Nya, segala sesuatu yang menjadi milik-Nya, adalah milik kita
  2. Kita akan bersama-sama Tuhan selamanya
  3. Kita akan diubahkan jadi seperti Yesus
  4. Kita akan diberi upah dan ditugaskan dalam pelayanan
  5. Kita akan menerima bagian dalam kemuliaan

Alangkah dasyatnya warisan itu, karena kita jadi keluarga Allah, kita jauh lebih kaya dari yang kita sadari!

Baptisan adalah identifikasi kita, bahwa kita adalah jadi keluarga Allah. Perintah Yesus pada umat-Nya: “dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus!” Baptisan adalah deklarasi iman, keterlibatan dalam simbol kematian dan simbol kebangkitan Kristus. Simbol kematian dari kehidupan lama kita, pergumulan-pergumulan kehidupan baru kita dalam Kristus.

Baptisan adalah perayaan status kita sebagai bagian dari keluarga Allah. Masuk dalam keluarga Allah adalah kehormatan tertinggi dan hak istimewa yang luar biasa  yang dapat kita terima.

Marilah, kita senantiasa bersyukur kepada Tuhan setiap saat, karena kita telah ditebus-Nya, menjadi keluarga Allah selalu menyenangkan hati Tuhan. Oleh karena bukan lagi orang asing, melainkan sewarga dengan orang-orang kudus, menjadi tiang penopang dan rajin memperkatakan kebaikan Tuhan. Amin.

 

Hamba-Nya,
Pdt. Drg. Indra Gunawan

Hamba-Nya :
113-TRIAL-Pdt. Drg. Indra Gunawan 13

 
© Copyright 2003-2004 All Right Reserved GBI Petamburan
This site is developed by M@gnet Informatika