Awal  |  Tentang Kami  |  Warta  |  Renungan  |  Pelayanan Cabang  Jadwal Ibadah  |  Kontak Kami  |  Buku Tamu
135-TRIAL-MISI GEREJA 188
Monday, October 7, 2013
"Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" 229-TRIAL-Kisah Para Rasul 1:6 283

Selama tiga setengah tahun murid-murid telah mengikut Yesus dan mendapat pelajaran-pelajaran yang sangat berharga tentang "Kerajaan Sorga" dan pelayanan mereka. Namun, mereka belum menangkap esensinya. Yesus bukan datang untuk memulihkan dan mendirikan kerajaan Israel yang lahiriah, seperti yang diharapkan bangsa Yahudi. Ia berbicara tentang kerajaan-Nya yang bukan dari bumi ini, seperti yang Ia jelaskan kepada Pontius Pilatus (Yohanes 18:36). Dengan demikian Ia melarang murid-murid-Nya untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik, setelah nanti Ia kembali ke Sorga. Yesus menekankan bahwa mereka harus masuk dan pergi ke seluruh dunia untuk menjadi saksi tentang kuasa-Nya yang menyelamatkan.

Dalam pelayanan misi ini, tentu saja saksi-saksi Kristus mempunyai tanggung jawab untuk menolong orang-orang miskin dan yang susah. Namun perlu diingat bahwa prioritas utama murid-murid Yesus, bukanlah mendirikan "kerajaan dunia" dengan pemahaman pemerintah dunia tentang keadilan sosial, damai, persamaan hak, kuasa, kemakmuran, dan sebagainya. Misi kita adalah menerima kuasa Roh Kudus dan menjadi saksi tentang penghasilan Tuhan Yesus yang dapat merubah kehidupan dasar manusia dan membawa shalom.

Mengapa terdapat ketidak-adilan sosial dan politik, penindasan, perampasan hak dan milik orang kecil, kekurangan, kelaparan? Sebab utama adalah dosa. Berita dari "keselamatan" yang dijalani dan disaksikan kepada dunia oleh orang-orang Kristen melalui Kuasa Roh Kudus adalah jawaban yang esensial kepada seluruh masalah dan kesulitan dunia. Pelayanan sosial bukan sebagai sajian tontonan bahwa kita orang baik, atau merupakan salah satu tonggak dari kewajiban negara kepada rakyatnya, tetapi merupakan ekspresi dan hakekat dari "shalom" karena urapan Allah ada di atas kita. Urapan itu yang membuat kita menjadi saksi dalam segala bidang dalam misi kita. Urapan itu merupakan kegiatan Roh Kudus melalui hidup kita untuk menyatakan kasih Allah dalam segala bentuk tanda heran dan mujizat, pembelaan orang tertindas dan sebagainya. Bukan sebagai kewajiban sosial yang berlaku dalam masyarakat, tetapi sebagai Kuasa Allah yang dipancarkan dan dialirkan melalui diri kita.

Lukas 4:18-19... "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Hamba-Nya
Pdt dr Olly Mesach

Hamba-Nya :
179-TRIAL-Pdt dr Olly Mesach 214

 
© Copyright 2003-2004 All Right Reserved GBI Petamburan
This site is developed by M@gnet Informatika